Fauzi Abdillah

CEO of CV. Planet Pangandaran. Passionate on Travelling and Internet Marketing.

Sep 26

13 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Travelling


13 hal yang harus anda lakukan sebelum travelling

Hai hai? Sudah merencanakan liburan belum? Bagi anda yang sudah berencana liburan apalagi sudah mulai reservasi berbagai layanan maka Tulisan ini jangan sampai terlewatkan untuk dibaca.

Penting! banyak wisatawan yang kalap bahkan kewalahan setelah travelling dikarenakan berbagai hal yang tidak mereka lakukan sebelum pergi, nah sekarang kami  akan share hal apa saja yang sebaiknya anda lakukan sebelum pergi berlibur.

 

1. BACKUP DOKUMEN PENTING

Beberapa dokumen penting untuk perjalanan seperti KTP, Passport dll sering hilang, robek atau lupa dimana menyimpannya, saran kami sebelum pergi buatlah 2 salinan:

  1. Salinan dalam bentuk foto copy/print
  2. Salinan dalam bentuk digital dengan cara di scan dan diupload ke Layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox

Sehingga saat dokumen asli dan kopiannya hilang anda masih bisa print ulang, karena menyimpan file digitalnya di internet.

Hal ini akan sangat berguna bila anda pergi ke luar negeri karena jika anda tidak bisa menunjukkan identitas bisa-bisa anda dianggap imigran illegal. hehe. Jangan sampai deh dipenjara di luar negeri 😀

 

2. SIMPAN CADANGAN UANG DI INTERNET

Pasti sebagian dari anda akan kebingungan emang bisa menyimpan uang di internet? haha. tenang-tenang kami akan menjelaskannya sebentar lagi.

Sebenarnya bukan anda menyimpan uang tersebut di internet melainkan anda dapat mengelola uang tersebut melalui jaringan internet, jadi tatkala anda kehabisan uang dan bingung cara pulang anda bisa membeli tiket pesawat, kereta atau kapal ferri dari uang di internet tersebut.

Kali ini kami akan membahas dua saja layanan penyimpanan uang secara online:

Paypal
Anda pasti pernah mendengar yang satu ini, pasti diantara anda akan bergumam: “hey bro saya tidak punya kartu kredit untuk verifikasi paypal” tenang saja karena walaupun belum terverifikasi anda masih bisa menggunakan paypal kok.
Anda juga bisa membeli balance dari penjual terpercaya seperti boschanger.com maaf kami tidak promosi, hanya saja kami pernah menggunakan layanan mereka dan cukup puas.
Nah setelah anda berhasil menambah balance di paypal anda dapat menggunakan uang tersebut untuk booking hotel, pesan tiket pesawat dll. Ingat ya! Dipakai hanya untuk keadaan terdesak saja. Karena kali ini uang di paypal akan kita gunakan sebagai backup jika terjadi sesuatu dengan uang yang kita bawa saat travelling ke luar negeri.

Ipaymu
Berbeda dengan paypal, layanan ipaymu dapat menarik uang melalui Kantor POS di seluruh indonesia, dengan syarat kantor pos tersebut sudah online.
Untuk ipaymu kami rekomendasikan saat anda travelling di dalam negeri saja, untuk mendapatkannya cukup lampirkan Scan KTP anda dan bisa diisi ulang melalui ATM anda.
Jadi kalau-kalau anda kehabisan atau kehilangan uang, anda tinggal cairkan uang anda di kantor pos dan anda bisa pulang dengan selamat.

Kami sarankan anda menyimpan uang di online dengan nominal 2x dari ongkos perjalanan pulang. Jika ongkos naik pesawat sekitar 900rb maka anda akan menyimpan sebesar 1.8juta. Mudah kan?

 

3. HAFALKAN NOMOR TELEPON PENTING

Kami sarankan anda menghafal nomor telepon orang tua dan teman anda, kenapa kami sarankan anda menghafal bukan menyimpan di ponsel atau internet?

Karena pada dasarnya ponsel bisa saja hilang dan akses internet belum tersedia di setiap inchi dunia ini. Jadi daripada anda kesusahan gunakanlah media penyimpanan terhebat sepanjang masa.

Ada beberapa trik mengingat angka yang biasa digunakan oleh orang Yahudi (biasanya yahudi identik dengan kecerdasan otak):

  1. Formulasikan angka kedalam objek benda, seperti angka 1 adalah tombak, angka 2 adalah bebek dan angka 3 adalah kelelawar.
  2. Jadikan dalam bentuk cerita, misal angka yang anda hafal adalah 213 maka ceritanya ada seekor bebek menombak kelelawar yang sedang lewat. mudah bukan?

 

4. KABARI KELUARGA DAN TEMAN ANDA

Setelah anda menghafal nomor orang tua dan teman anda, beritahu juga mereka bahwa anda akan travelling ke daerah A selam waktu B hari.

Katakanlah jika anda tidak menghubungi mereka dan mereka juga tidak bisa menghubungi anda dalam jangka waktu B+2 hari silahkan laporkan ke pihak berwajib karena bisa saja terjadi sesuatu pada diri anda saat travelling apalagi jika anda pergi ke tempat yang benar-benar terpencil.

Kenapa kami masukkan hal ini kedalam list? jika anda sempat menonton film “127 Hours” maka waktu 48 jam adalah saat-saat kritis bila terjadi sesuatu dengan anda.

 

5. BACKUP DATA PONSEL

Sebelum benar-benar pergi, backup lah dulu data-data anda yang ada di ponsel, karena bisa jadi anda akan kehilangan ponsel saat travelling.

Tentu tidak ingin kan data-data penting seperti foto, dokumen dan video kenangan anda hilang begitu saja?

Selain itu backup juga data-data yang ada di laptop anda ke layanan seperti Google Drive agar bila terjadi sesuatu anda masih punya data cadangan.

 

6. BUATLAH ITINERARY

Rencanakan perjalanan anda dengan matang, rencanakan tempat apa saja yang akan anda kunjungi dan carilah rute dan cara terbaik menuju tempat tersebut.

Jangan sampai liburan anda, anda habiskan di jalan karena tersesat dan bingung saat mau menuju destinasi wisata.

Ada banyak itinerary/jadwal perjalanan yang bertebaran di internet. Atau jika anda tidak mau repot, anda bisa menyerahkan urusan ini ke Tour Operator di tempat liburan anda.

Untuk di Pangandaran, Planet Pangandaran dapat menjadi andalan anda untuk liburan kantor maupun keluarga.

 

7. BAYAR TAGIHAN

Ini juga penting nih bro, haha. Sebelum pergi berlibur jangan lupa bayar dulu tagihan listrik/token, PDAM, Cicilan Kendaraan atau Rumah.

Tentu tidak ingin kan saat kembali dari liburan anda mendapati banyak sekali denda karena telat membayar cicilan apalagi kalau liburan anda sampai berminggu-minggu.

Lebih baik mencegah loh daripada harus bayar denda. 😀

 

8. BERSIHKAN RUMAH

Banyak sekali wisatawan yang setelah selesai travelling, pulang ke rumah dalam keadaan capek dan bertambah capek karena harus membereskan rumah yang masih berantakan.

Idealnya saat anda pulang dan masih lelah-lelahnya anda bisa langsung istirahat karena keadaan rumah anda masih bersih dan rapi.

Males kan saat pulang bukannya istirahat malah beres-beres rumah, yang ada besoknya anda sakit karena kecapean. 😛

 

9. PELAJARI BUDAYA DAERAH TUJUAN

Dengan mengetahui budaya daerah tujuan akan sangat membantu anda dalam berinteraksi dan bergaul dengan penduduk daerah yang anda tuju.

Pernah bukan, ketika anda mendapati bule-bule yang sedang liburan ke Indonesia, mereka bergaul, berinteraksi dan mengukuti budaya kita yang ketimuran, bagaimana respon anda? pastinya anda akan senang dan merasa welcome terhadap mereka bukan?

Sebaliknya, coba anda bayangkan ada wisatawan yang berbuat seenak udel atau seenak sendiri tidak mengikuti aturan, pasti anda akan sangat jengkel dan bisa-bisa anda akan mengusir mereka jika sudah keterlaluan.

Nah, silahkan aplikasikan kepada diri anda sendiri dan rasakan manfaatnya. anda akan sangat diterima dan dihormati oleh penduduk setempat.

 

10. PELAJARI BAHASA DAERAH TUJUAN

Anda tidak perlu mahir atau jago berbahasa seperti orang lokal disana, anda hanya perlu mengetahui ungkapan-ungkapan sehari hari seperti halo, selama pagi, apa kabar dll.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, anda akan dianggap ramah oleh penduduk setempat dan akan mengurasi resiko ditipu. hehe, pernah kan kena tipu sama oknum-oknum di tempat wisata?

Ya, dengan anda berbicara bahasa mereka akan memperlihatkan seolah anda sudah lama atau sudah mengenal lingkungan mereka.

 

11. CEK CUACA DI DAERAH TUJUAN

Jangan terburu-buru pergi liburan, periksa dulu cuaca dan kondisi tempat yang akan anda tuju, siapa tahu sedang ada penyakit menular atau sedang ada cuaca buruk disana.

Bila anda sudah bisa memastikan bahwa disana aman-aman saja, silahkan lanjutkan rencana anda dan nikmati liburan anda.

 

12. KONFIRMASI ULANG PESANAN ANDA

Nah kalau ini pengalaman pribadi nih, Jangan ditiru ya! 😛
Waktu itu saya akan pergi ke Kota Surabaya menggunakan moda kereta api, karena selain murah juga cukup nyaman.

Karena waktu itu sangat terburu-buru, eh saya salah. Ternyata keretanya pergi pukul 10.00 pagi, sedangkan saya mengira pukul 22.00 malam.

Alhasil, pergi ke Surabaya nya gagal dan uang tiket hangus tertinggal kereta. Sedih! 🙁

Jadi biasakan yuk, kita konfirmasi ulang minimal seminggu sebelum keberangkatan, konfirmasi kembali jam dan tanggal keberangkatan, alamat hotel, jumlah kamar yang dipesan dll.

Jangan sampai menyesal seperti saya ya! 😀

 

13. LAKUKAN SEMUA HAL DIATAS

Terakhir, sebelum anda benar-benar pergi, lakukan dulu 12 Hal diatas.

Kami yakin dan percaya 12 hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda, jangan cuma dijadikan seperti novel yang sudah dibaca terus dibuang. Jadikalah artikel ini sebagai pegangan anda.

Bisa juga anda bookmark artikel ini dengan menekan “CTRL + D” dan bukalah saat anda akan berlibur.

Silahkan bagikan artikel bermanfaat ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tidak menyesal karena setelah liburan bukannya fresh malah pusing banyak masalah di rumah.

Kalau begitu, kami ucapkan terima kasih sudah membaca artikel 13 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Travelling ini sampai akhir dan semoga anda mendapat banyak manfaat dengan mengaplikasikan dan menyembarkan artikel ini. Amiiin 🙂