Green Canyon Travel Guide


Panduan Wisata ke Green Canyon

1. Lokasi Green Canyon

Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran. Dipopulerkan pertama oleh seorang turis asal Prancis bahkan beliau yang pertama kali menyebut Cukang Taneuh dengan nama Green Canyon karena teringat Grand Canyon yang ada di Amerika. Tapi ingat ya, tidak ada sama sekali hubungan historis maupun geologis dengan Grand Canyon, menurut turis tersebut yang membuatnya mirip adalah karena Tebing-tebing yang menjulang yang mirip seperti yang ada di Grand Canyon.

 

2. Transportasi ke Green Canyon

Sebenarnya lokasi Green Canyon sangat mudah ditemukan, karena memang terletak di jalan utama Pangandaran – Cimerak. Namun, bagi anda yang kesulitan mencari rute menuju Green Canyon berikut adalah panduan menuju Green Canyon:

A. Perjalanan Menggunakan Kendaraan Pribadi/Bus Pariwisata

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan (bus pariwisata) anda dapat menggunakan fitur direction pada peta diatas. Cukup klik marker berwarna merah maka akan muncul popup direction, masukkan lokasi asal anda pada kolom “start address” kemudian klik “get direction” maka anda akan diarahkan ke Google Maps dan rute perjalanan dari lokasi anda menuju Green Canyon akan muncul.

 

B. Perjalanan Menggunakan Bus Umum

Bila anda berangkat dari kota-kota berikut maka akan tersedia Bus dengan tujuan Pangandaran. antara lain:

  1. Jakarta
  2. Bekasi
  3. Tangerang
  4. Bandung
  5. Tasikmalaya
  6. Purwokerto
  7. Cilacap
  8. Jogja/Yogyakarta

Setelah anda sampai di Terminal Pangandaran, untuk menuju Green Canyon dapat dilanjutkan dengan naik angkot menuju Terminal Cijulang dan selanjutnya anda dapat menggunakan jasa ojek untuk menuju Green Canyon dengan lama perjalanan sekitar 5 menit.

 

C. Perjalanan Menggunakan Kereta

Perlu diketahui bahwa belum ada Layanan Kereta yang langsung menuju Pangandaran, adapun stasiun terdekat adalah stasiun Banjar dan Sidareja. Namun sangat jarang sekali ada Layanan Kereta yang berhenti di stasiun Sidareja sehingga pilihan yang tepat adalah dengan turun di stasiun Banjar, kemudian dapat anda lanjutkan dengan naik Bus menuju Terminal Pangandaran.

Adapun setibanya di Terminal Pangandaran, untuk menuju Green Canyon dapat dilanjutkan dengan naik angkot menuju Terminal Cijulang dan selanjutnya anda dapat menggunakan jasa ojek untuk menuju Green Canyon dengan lama perjalanan sekitar 5 menit.

 

D. Perjalanan Menggunakan Pesawat

Bila anda ingin cepat sampai di Green Canyon dan tentunya memiliki dana berlebih, satu-satunya airline yang tersedia adalah Susi Air dengan keberangkatan dari Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) menuju Bandara Nusawiru (Cijulang – Pangandaran). Kemudian setibanya di Bandara Nusawiru anda dapat menggunakan jasa taksi bandara yang juga milik Susi Air untuk mengantar anda menuju Green Canyon dengan lama perjalanan sekitar 15 menit.

[Update Juli 2017] Untuk saat ini perjalanan dengan Susi Air dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma – Jakarta menuju Bandar Udara Nusawiru – Pangandaran sedang tidak beroperasi, kami tidak tahu pasti penyebab ditutupnya layanan tersebut namun akan kami update bila Susi Air sudah mengaktifkan kembali rute layanan tersebut di Panduan ini.

Untuk anda yang menginginkan berlibur ke Green Canyon menggunakan moda transportasi udara saat ini telah beroperasi layanan dari maskapai Wings Air, yaitu dari Bandara Halim Perdanakusuma – Jakarta menuju Bandara Wiriadinata – Tasikmalaya. Adapun lama perjalanan dari Tasikmalaya menuju Green Canyon sekitar 3-4 Jam.

Untuk anda yang memerlukan transportasi private dari Bandara Wiriadinata – Tasikmalaya menuju Green Canyon Pangandaran, kami dapat membantu anda menyediakan beragam jenis kendaraan seperti: Avanza/Xenia, Innova, Alphard dan Hiace/Elf.

 

3. Aktifitas di Green Canyon

Wisata ke Green Canyon memang pilihan tepat, selain alam yang menawan juga ada pilihan kegiatan yang sesuai dengan usia dan keinginan anda. Adapun aktifitas yang dapat anda lakukan adalah:

A. Wisata Perahu dan Berenang (Semi Body Rafting)

Anda dapat menikmati keindahan alam Green Canyon dengan Wisata Perahu menyusuri sungai Cijulang dengan durasi sekitar 45 menit. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp. 200.000 per perahu (harga update 1 Desember 2016) dan satu perahu dapat diisi maksimal 6 orang, harap diketahui bayi/balita juga termasuk dalam hitungan.

Wisata Green Canyon

Kemudian bila anda ingin lebih menikmati suasana, anda juga dapat berenang hingga batu payung di Cukang Taneuh, namun anda akan dikenakan charge sebesar Rp. 100.000 per perahu untuk durasi 30 menit. Disetiap perahu sudah disediakan pelampung dan pemandu yang akan menemani anda saat berenang, guna memastikan keamanan dan kenyamanan anda.

Untuk kegiatan Wisata perahu dan Berenang/semi body rafting anda diharuskan mengantre hingga nomor antrian anda dipanggil oleh petugas di Dermaga. Rekomendasi usia untuk mengikuti kegiatan ini adalah 5 – 60 tahun

 

B. Wisata Body Rafting (Full)

Berbeda dengan semi body rafting, Full Body Rafting mengharuskan anda menggunakan peralatan keamanan yang lengkap seperti helmet, pelampung, body protector dan decker. Diawali dengan breafing dan persiapan, kemudian naik mobil pickup menuju start point dan selanjutnya adalah pengarungan dengan durasi 4-5 jam.

Paket Body Rafting Green Canyon

Kegiatan ini akan menguras tenaga sehingga anda yang memiliki penyakit asma, jantung dan vertigo harap melapor kepada pemandu yang ada untuk penanganan khusus. Adapun rekomendasi usia untuk mengikuti kegiatan ini adalah 10 – 50 tahun dan dalam keadaan sehat.

Untuk mengikuti kegiatan Full Body Rafting di Green Canyon yang lebih memuaskan anda dapat memilih Paket Body Rafting Green Canyon yang kami buat khusus untuk anda dengan layanan dan fasilitas terbaik.

 

4. Hotel dan Akomodasi di Green Canyon

Belum banyak hotel dan penginapan yang tersedia di Green Canyon, namun kami akan merekomendasikan beberapa Hotel terdekat yang kami anggap cukup nyaman dan bersih untuk tempat anda menginap, diantaranya:

  1. Hotel dan Rumah Makan Tirta Bahari
  2. Villa Dahon
  3. Riverside Batukaras
  4. Kalaras Cottage Batukaras
  5. Sunrise Resort Batukaras
  6. Javacove Beach Hotel

 

5. Restoran di Green Canyon

Adapun berikut adalah Restoran-restoran yang kami rekomendasikan untuk santap siang anda, antara lain:

  1. Rumah Makan Tirta Bahari
  2. RM Bayu Sagara
  3. Shane Josa Resort & Restaurant
  4. RM Kang Ayi Batukaras
  5. RM Sederhana Batukaras

 

6. Belanja dan Oleh-oleh

Untuk keperluan cenderamata anda, disekitar parkir utama Green Canyon banyak sekali gerai-gerai yang menjual berbagai pernak-pernik, pakaian dan makanan untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, di parkir utama Green Canyon juga banyak penjual yang menjual berbagai jenis jajanan yang mungkin sudah langka anda dapatkan di kota asal.

 

 

Rekomendasi

Untuk waktu kunjungan, kami sangat merekomendasikan untuk berkunjung ke Green Canyon antar bulan Mei hingga September. Karena sedang musim kemarau maka air sungai sedang jernih dan hijau dan arus sungainya pun tidak terlalu deras sehingga anda dapat menikmati keindahan alam Green Canyon dengan lebih maksimal.

Adapun untuk anda yang tidak ingin repot dan menginginkan liburan yang lebih memuaskan serta lebih hemat dengan tambahan fasilitas terbaik. Kami menyarankan untuk mengambil salah-satu Paket Wisata berikut:

Indahnya Sunset di Pangandaran

PAKET WISATA PANGANDARAN 3D2N

Harga mulai Rp. 599.000

Wisata Green Canyon

PAKET WISATA PANGANDARAN 2D1N

Harga mulai Rp. 429.000

Paket Body Rafting Green Canyon

PAKET BODY RAFTING GREEN CANYON

Harga mulai Rp. 149.000